7 Jenis Ikan Laut Konsumsi Paling Populer di Indonesia

jual ikan laut terdekat

Indonesia adalah negara maritim dengan hasil laut melimpah, maka tak heran bila ikan termasuk salah satu bahan makanan yang cukup populer di sini. Jenis ikan laut yang bisa dikonsumsi pun sangat beragam. Tak hanya lezat, tapi juga kaya akan nutrisi.

Sejak dulu ikan laut memang dikenal sebagai makanan yang menyehatkan. Ikan diketahui memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan. Selain protein, ikan juga mengandung omega 3 yang bagus untuk kesehatan jantung dan otak.

Macam-Macam Ikan Laut untuk Konsumsi

jual ikan laut beku

Indonesia memiliki berbagai jenis ikan laut yang dapat dikonsumsi dan diolah menjadi beragam masakan. Berikut adalah beberapa macam ikan hasil laut yang bisa Anda temukan di pasaran.

1. Ikan Tuna

Ikan dengan nama ilmiah Thunnini ini termasuk hasil laut yang paling digemari banyak orang. Karena rasanya yang lezat dan kandungan nutrisinya yang cukup tinggi, tuna pun tergolong sebagai salah satu ikan paling mahal.

Ikan tuna dapat diolah menjadi berbagai macam masakan sehari-hari. Dagingnya cukup tebal dan memiliki rasa yang gurih. Di Jepang, ikan tuna sering dijadikan bahan utama dalam pembuatan sushi dan sashimi.

2. Ikan Tenggiri

Tenggiri termasuk ikan laut yang sangat populer untuk dikonsumsi. Tenggiri memiliki daging berwarna putih dan dikenal gurih, karena itu ikan ini sering digunakan sebagai bahan baku makanan. Contoh makanan dari ikan tenggiri adalah bakso, siomay, kerupuk, dan pempek.

3. Ikan Teri

jual ikan laut di depok

Teri memiliki ukuran yang sangat kecil, tapi kandungan nutrisinya tak kalah dengan ikan lain yang berukuran besar. Di pasaran, teri biasanya dijual dalam kondisi yang sudah diawetkan seperti ikan asin. Rasanya lebih gurih dan cocok diolah menjadi berbagai macam masakan.

4. Ikan Tongkol

Tongkol atau Euthynnus affinis juga sangat populer sebagai ikan konsumsi, khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera. Secara fisik, ikan ini berwarna putih keabu-abuan dan terlihat mengilap. Tongkol sering dimasak dengan bumbu kare, gulai, atau digoreng biasa.

5. Ikan Kakap

Kakap termasuk ikan laut yang hidup berkelompok dan sering berenang di area terumbu karang. Ikan ini terdiri dari beberapa macam jenis, mulai dari kakap putih, hitam, dan merah. Tapi dari semua jenis yang ada, kakap merahlah yang paling disukai masyarakat Indonesia.

6. Ikan Kembung

Ikan ini masih satu kerabat dengan tuna maupun tenggiri, tapi memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Di pasaran, ikan kembung biasanya dijual dengan harga yang cukup murah sehingga sering dijadikan makanan sehari-hari.

7. Ikan Cakalang

Cakalang termasuk ikan dari keluarga Scombridae sehingga memiliki kemiripan tersendiri dengan tuna, tenggiri, maupun tongkol. Ikan ini sering ditemukan di perairan Sulawesi, karena itu banyak masakan khas daerah sana yang terbuat dari cakalang.

Jenis Ikan Laut untuk Frozen Food

jual ikan air laut di bekasi

Bicara tentang frozen food, makanan ini memang cukup populer di Indonesia karena tergolong praktis dan mudah untuk diolah. Beberapa macam makanan beku yang sering dikonsumsi adalah bakso, sosis, nugget, dan juga daging beku.

Ikan sendiri termasuk salah satu hasil laut yang kerap dijadikan sebagai bahan baku pembuatan frozen food. Hampir semua jenis ikan laut biasanya disimpan dengan cara dibekukan untuk kemudian diipasarkan ke berbagai wilayah dan dijual kepada konsumen.

Ikan laut dari keluarga Scombridae sering dijadikan sebagai pilihan untuk makanan olahan. Tenggiri adalah contoh jenis ikan yang paling sering digunakan dalam pembuatan frozen food seperti bakso, sosis, siomay, maupun nugget.

Itulah 7 macam ikan laut yang paling sering dikonsumsi di Indonesia. Di luar daftar di atas, masih ada beberapa jenis ikan lainnya yang juga bisa dikonsumsi, misalnya baronang, belanak, kerapu, dan makarel.

Ingin mengonsumsi ikan laut dengan cara yang praktis? Anda dapat memesan aneka frozen food olahan ikan laut SALIMAH FOOD. Produk jaminan mutu, lezat, sehat, halal dan tanpa pengawet. Yuk, pesan sekarang!

Silakan berkomentar di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.