Ingin Jadi Agen? Begini Cara Menentukan Laba dan Harga Frozen food

daftar harga frozen food

Menjadi agen makanan beku merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Kesuksesan dalam bisnis inipun ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari kejelian Anda melihat permintaan pasar, pemilihan produsen, hingga menentukan harga frozen food.

Profesi sebagai agen frozen food rupanya masih sering dipandang remeh. Padahal pekerjaan yang satu ini memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut:

Keuntungan Menjadi Agen Frozen Food

harga agen frozen food

Modal yang Tidak Terlalu Besar

Menjadi agen frozen food cocok dijalankan oleh siapa saja, termasuk pebisnis pemula yang tidak memiliki banyak modal. Bahkan jumlah modal awal bisa ditekan serendah mungkin apabila Anda bisa memanfaatkan perlengkapan yang sudah ada.

Salah satu contohnya, agen makanan beku pasti membutuhkan freezer. Tapi bila Anda memiliki lemari es di rumah, maka freezer-nya bisa Anda gunakan. Walau kapasitasnya terbatas, hal ini bisa menekan jumlah pengeluaran dan memperkecil modal.

Mudah Dijalankan

Menjadi agen frozen food tergolong bisnis yang cukup mudah dijalankan. Anda tinggal mengulak barang lalu menjualnya kepada konsumen. Proses pemasarannya pun bisa ditempuh dalam berbagai cara, mulai dari metode door to door (offline) hingga online.

Produk Pasti Laku

Frozen food termasuk makanan instan yang disukai banyak orang. Artinya, makanan ini pasti laku dan risiko kerugiannya pun relatif kecil. Tapi laku atau tidaknya suatu produk tetap bergantung pada keahlian dan ketekunan Anda sebagai penjual.

Cara Menghitung Modal Awal

 

Ada beberapa macam biaya yang harus dimiliki saat menjalankan suatu bisnis. Di antaranya adalah biaya produksi dan biaya operasional. Modal diperlukan untuk memenuhi biaya-biaya ini.

Biaya produksi atau modal kerja adalah jumlah uang yang disediakan untuk pembuatan produk. Namun bila menjadi agen, modal kerja diartikan sebagai uang yang dikeluarkan untuk pembelian produk makanan beku kepada produsen/distributor.

Biaya operasional adalah biaya tetap yang harus dikeluarkan dalam kurun waktu tertentu saat bisnis sudah berjalan. Yang termasuk biaya operasional di antaranya sewa tempat, tagihan internet dan pembelian alat tulis.

Gambaran penghitungan modal awal untuk agen frozen food dengan metode pemasaran secara online dapat dilihat sebagai berikut:

harga alat untuk frozen food

Modal investasi

Freezer: Rp2.000.000

Perlu diketahui bahwa ada biaya penyusutan untuk barang investasi. Bila mesin freezer diasumsikan memiliki masa guna selama 5 tahun, maka biasa penyusutan per bulannya:

  • 1/60 x Rp2.000.000 = Rp33.333

Modal kerja

  • Harga produk khusus agen: Rp20.000/bungkus
  • Biaya pembelian produk: Rp20.000 x 200 = Rp4.000.000

Asumsinya, 200 bungkus frozen food dapat terjual dalam waktu 1 bulan.

Biaya operasional

  • Listrik: Rp100.000
  • Biaya internet: Rp70.000
  • Biaya lain (pengemasan, transportasi, dll): Rp300.000

Total biaya operasional: Rp470.000

Total modal awal yang dibutuhkan:

Rp2.000.000 + Rp4.000.000 + Rp470.000 = Rp6.470.000

Cara Menghitung Pendapatan dan Laba

daftar-harga-produk-frozen-food

Anda bisa menentukan harga frozen food dari penghitungan modal dan biaya-biaya. Setelah penghitungan pendapatan dikurangi biaya yang dikeluarkan, Anda dapat memprediksi keuntungan yang didapat setiap bulan.

  • Harga jual produk: Rp28.000

Asumsi jumlah produk yang terjual: 200 bungkus/bulan

  • Pendapatan per bulan: Rp28.000 x 200 = Rp5.600.000

Laba per bulan

Pendapatan – modal kerja – biaya operasional – biaya penyusutan mesin freezer

  • Rp5.600.000 – Rp4.000.000 – Rp470.000 – Rp33.333 = Rp1.096.667

Anda bisa balik modal dalam waktu sekitar 6 bulan jika bisnis berjalan sesuai penghitungan di atas. Namun besaran modal, pendapatan, dan juga keuntungan di atas bisa berubah-ubah sesuai kondisi yang ada.

Demikian cara menentukan harga jual yang ideal, termasuk penghitungan modal awal dan labanya apabila menjadi agen makanan beku. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menentukan langkah bisnis ke depannya.

Tertarik menjadi agen produk makanan beku? Langsung saja daftar menjadi agen SALIMAH FOOD dengan harga frozen food terjangkau dan kualitas terbaik. Jangan lewatkan kesempatan emas ini, yuk daftar sekarang!

One thought on “Ingin Jadi Agen? Begini Cara Menentukan Laba dan Harga Frozen food”

  1. ashar latif says:

    bagaiman cara menjadi gen frozen food

Silakan berkomentar di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.