5 Tips Memulai Usaha Makanan dan Kesalahan Pemula yang Harus Dihindari

tips-memulai-usaha-makanan-online

Usaha makanan merupakan jenis usaha yang sangat banyak peminatnya. Namun, tidak semua pengusaha makanan dapat bertahan lama. Jika Anda berniat berkecimpung di bidang ini, simak tips memulai usaha makanan beserta kesalahan yang harus dihindari berikut.

Tips Memulai Usaha Makanan

 

Mengawali usaha makanan tidak jauh berbeda dengan jenis usaha yang lain, Anda memerlukan beberapa trik agar tidak bingung bagaimana memulainya.

cara mengembangkan usaha makanan ringan

1. Tentukan Target Pasar

Tentukan sasaran pelanggan Anda secara spesifik meliputi umur, pendapatan, pekerjaan, dan gaya hidup. Setelah menyasar target, Anda bisa merancang strategi selanjutnya. Target pasar yang berbeda membutuhkan strategi dan produk yang berbeda pula.

Misalnya Anda menargetkan pasar anak Sekolah Dasar, tentu harus menyediakan produk yang murah, enak, dan menarik bagi usia mereka. Produk kuliner untuk pekerja kantoran atau mahasiswa, tentu berbeda lagi strategi pemasarannya.

2. Mencari Lokasi Strategis

Menetapkan lokasi sangat penting sebelum mulai usaha. Ini juga terkait dengan pasar yang Anda bidik. Jika sasaran Anda adalah karyawan kantor, tempatkan usaha di dekat perkantoran atau pemukiman karyawan.

3. Memilih Supplier yang tepat

Bahan baku akan memengaruhi rasa dan kualitas makanan yang Anda buat. Oleh sebab itu, Anda harus memilih penyuplai yang tepat untuk menyediakan bahan baku. Pastikan penyuplai Anda konsisten dalam menjaga kualitas produk.

4. Menghitung Harga Jual

Harga jual makanan tidak boleh ditentukan secara asal-asalan. Cara mendapatkan harga jual yaitu dengan mengalkulasikan biaya produksi, biaya operasional, serta mempertimbangkan laba. Perhatikan juga harga jual produk serupa dari kompetitor.

5. Memperkaya Keahlian dan Keterampilan

Tips memulai usaha makanan selanjutnya yaitu menambah keahlian dan keterampilan dalam bidang kuliner. Saat pengetahuan Anda dalam kuliner bertambah, inovasi dan ide-ide baru akan muncul. Produk Anda pun akan semakin berkembang dan berbeda dengan yang lain.

Kesalahan dalam Usaha Makanan yang Harus Dihindari

tips memulai usaha makanan rumahan

 

Sebagaimana disebutkan di awal artikel, banyak pengusaha kuliner yang tidak bertahan lama dalam bisnis ini. Agar tidak bernasib sama, berikut kesalahan dalam usaha makanan yang wajib dihindari.

1. Kurang Memperhatikan Selera Pasar

Riset terhadap selera pasar sangat penting untuk kelangsungan usaha Anda. Karena selera pasar cenderung berubah, produk Anda juga harus menyesuaikan. Jika tidak memperhatikan apa yang sedang digemari konsumen, tentunya usaha Anda akan sepi pembeli.

2. Kurang Promosi

Promosi adalah salah satu faktor yang mendorong peningkatan penjualan. Sebagus dan seenak apa pun makanan yang Anda jual, jika tidak dikenal oleh masyarakat, penjualannya akan rendah.

3. Modal Awal yang Terlalu Besar

Kesalahan ini kerap dilakukan oleh pebisnis pemula. Pengeluaran awal yang terlalu besar bisa menyebabkan bangkrut jika keuntungan tidak mampu menutupnya. Misalnya ketika membuka restoran, Anda membeli peralatan dapur yang mahal, sehingga menghabiskan banyak modal.

4. Harga Makanan Terlalu Mahal

Harga yang Anda tentukan harus sesuai dengan kemampuan target pasaran. Contohnya, bila Anda membuka restoran di dekat kampus, sesuaikan harganya dengan kantong mahasiswa. Jika harga yang Anda tetapkan setara restoran di pusat perbelanjaan, tentu tidak laku.

5. Rasa makanan yang tidak enak

Rasa adalah pertimbangan pertama ketika membeli makanan. Jika rasa makanan berada di bawah standar, pelanggan pastinya tidak akan datang kembali. Bahkan mereka akan menyebarkannya kepada orang lain agar tidak makan di tempat Anda, sehingga reputasi restoran menjadi buruk.

cara-makan-diet

Nah, itulah tips usaha makanan bagi pemula yang harus Anda lakukan untuk menjadikan usaha berjalan lancar dan semakin berkembang. Perhatikan juga kesalahan umum yang harus dihindari usaha Anda agar tidak bangkrut.

Ingin tips memulai usaha makanan yang mudah dengan biaya terjangkau? Bergabunglah sebagai agen atau reseller SALIMAH FOOD. Variasi produknya banyak, bersertifikat halal, tanpa bahan pengawet dan praktis. Yuk, gabung sekarang!

Silakan berkomentar di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.