Lakukan 5 Trik Ini untuk Merebut Peluang Bisnis Makanan Beku

distributor nugget di bekasi

Gaya hidup masyarakat perkotaan mengutamakan kepraktisan. Karena tidak memiliki waktu untuk berbelanja dan memasak, mereka membutuhkan bahan makanan yang dapat diolah dengan cepat serta tahan lama. Peluang bisnis makanan beku pun terbuka lebar.

Tidak hanya berbentuk lauk makan seperti nugget, sosis, dan bakso, makanan beku juga memiliki varian berupa kudapan. Makanan beku tidak lagi hanya sebagai pelengkap nasi dan sayur, tapi juga bisa dijadikan suguhan ketika pertemuan atau makanan ringan saat bersantai.

Dengan demikian, makanan beku memiliki peluang luas. Tidak hanya untuk mahasiswa atau karyawan yang butuh makanan instan tapi juga ibu rumah tangga. Makanan beku juga bisa dijajakan di pinggir jalan dengan anak-anak sebagai target pasarnya.

5 Trik Berbisnis Makanan Beku

Untuk memanfaatkan peluang bisnis makanan beku, Anda harus mempelajari beberapa trik penting yang dapat menunjang kelangsungan usaha, yaitu:

cara-berbisnis-makanan-cepat-saji

1. Mempelajari Cara Pengolahan

Cara mengolah makanan beku akan berpengaruh bagi kualitasnya, sehingga hal ini harus mendapatkan prioritas. Dimulai dari pemilihan bahan, proses pengolahan, pengemasan, hingga cara menyimpan.

Ketahui sifat dan masa penyimpanan bahan baku yang akan Anda gunakan. Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan berapa lama boleh menyimpannya. Dalam proses produksi, pastikan baik tempat maupun peralatan pengolahan tetap higienis.

Pelajari juga bagaimana mengirimkan produk kepada konsumen di luar kota atau luar pulau agar kualitasnya terjaga. Pastikan produk aman dikonsumsi dengan mengurus izin dari Dinas Kesehatan setempat dan sertifikat halal MUI, ditambah izin edar dari Badan POM.

2. Tentukan Produk yang Akan Dijual

Ketahui produk apa yang paling dicari oleh masyarakat. Misalnya, target pasar Anda adalah ibu-ibu muda dan wanita karier yang sibuk, maka makanan beku yang dapat Anda jual antara lain:

Makanan laut beku, seperti udang kupas, cumi-cumi, ikan laut, dan kerang. Tidak hanya makanan laut mentah, Anda dapat juga menjual dimsum seafood, siomay udang, atau bakso ikan.

Olahan daging beku, seperti daging sapi dan ayam giling, sosis, dan daging asap beku. Bahan makanan ini mudah diolah untuk membuat tumis sayuran atau topping mi instan, sehingga cukup banyak diminati.

Sayuran potong, contohnya wortel yang sudah dipotong dadu kecil-kecil, jagung pipil, dan kacang polong, yang siap digunakan untuk campuran nasi goreng, mi goreng, atau ditumis bersama sayuran lainnya.

Makanan ringan, semisal kentang goreng, kebab, donat, dan pizza dalam bentuk beku yang tinggal digoreng atau dipanaskan setelah dienyahbekukan.

peluang-usaha-agen-makanan-beku

3. Pastikan Modal Mencukupi

Modal awal yang harus dikeluarkan meliputi bahan makanan kira-kira Rp150.000,00 bahan bakar Rp30.000,00, dan kemasan Rp40.000,00. Selain itu, harus ada mesin pembeku atau freezer. Mesin pembeku yang berkualitas baik akan sangat membantu mempertahankan kualitas produk Anda.

4. Buat Kemasan yang Kuat dan Menarik

Kemasan juga harus mendapat perhatian khusus. Pilihlah kemasan yang dapat menjaga kualitas produk di dalamnya, pilihlah yang kuat, tidak mudah bocor, dan lebih baik lagi kedap udara. Kemaslah dalam ukuran sedang, kira-kira cukup untuk satu porsi.

Selanjutnya buatlah desain label yang menarik serta mengandung informasi lengkap meliputi komposisi, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, kandungan nutrisi, cap halal, dan nomor izin Dinas Kesehatan.

5. Pemasaran Lewat Media Sosial

Meski usaha Anda masih berskala kecil, pemasaran tidak harus sebatas lingkungan tempat tinggal. Manfaatkan akun media sosial dan chat sebagai sarana promosi yang murah untuk menawarkan produk.

tips-memulai-usaha-makanan-kemasan

Buatlah akun media sosial khusus untuk berjualan agar lebih profesional. Selain membuat akun khusus jualan, manfaatkan juga grup jual beli di kota Anda untuk menawarkan produk, serta grup jual beli di forum chat misalnya WhatsApp Group.

Nah, setelah mengetahui besarnya peluang bisnis makanan beku dan trik melakoni usaha tersebut, Anda jangan ragu untuk memulainya. Anda dapat memulai dengan mendaftar sebagai agen SALIMAH FOOD, produsen makanan beku halal dan berkualitas. Yuk, daftar sekarang!

Silakan berkomentar di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.