Menu
Ongkir Gratis
Garansi
Terima C.O.D
+6221-1234567
Otak-otak Ikan Salimah Food
0 Comments

Otak-Otak, Olahan Ikan yang Dijamin Bikin Ketagihan

Pencinta kuliner Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan sajian bernama otak-otak. Makanan khas dari Tanjungpinang ini sebenarnya memiliki penampilan yang sangat simpel, tapi rasanya benar-benar juara sehingga banyak orang yang menyukainya.

Otak-otak memang sering dijumpai di kawasan Sumatera dan sekitarnya, tapi saat ini makanan tersebut sudah menyebar di seluruh wilayah di Indonesia dan mudah ditemukan di mana saja, khususnya di daerah pesisir.

Uniknya lagi, setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing soal olahan makanan ini. Tak hanya cara pembuatan atau pengemasannya, bahan, bumbu, serta penyajiannya pun bisa berbeda-beda di setiap tempat.

Otak-otak Ikan

Apa Itu Otak-otak?

Bagi Anda yang masih belum tahu, otak-otak adalah makanan yang dibuat dengan bahan dasar ikan. Jenis ikan yang digunakan biasanya adalah tenggiri, tapi saat ini banyak juga otak-otak yang terbuat dari cumi-cumi, ikan bandeng atau bahan lainnya.

Daging ikan ini lalu dihaluskan dan diberi bumbu rempah-rempah sehingga rasanya semakin sedap. Olahan daging ini kemudian dibungkus dengan daun pisang seperti membuat pepes, barulah setelah itu dibakar sampai benar-benar matang.

Otak-otak khas Tanjungpinang atau Kepulauan Riau, kebanyakan dibungkus dengan menggunakan daun kelapa. Alasannya, rasa yang dihasilkan bisa lebih kuat dan enak dibandingkan bila dibungkus dengan daun pisang.

Pada varian otak-otak yang lain, daging ikan yang sudah dihaluskan dan diberi bumbu ini dimasukkan dulu ke dalam kulit ikan. Setelah itu baru dibungkus dengan kulit kelapa dan dibakar di atas bara api hingga matang.

Tak hanya soal pengemasannya, penyajian atau cara makan di tiap daerah pun berbeda-beda. Kalau di Pulau Jawa, otak-otak biasanya disajikan bersama dengan saus kacang. Lain halnya di kawasan Sumatera, makanan ini lebih sering dimakan dengan sambal tauco atau cuko.

Otak-otak Khas Tanjungpinang

Kenapa Dinamakan Otak-otak?

Tidak ada yang tahu pasti dengan sejarah makanan otak-otak, termasuk asal-usul penamaannya. Tapi konon kabarnya nama otak-otak dipakai karena faktor tekstur dan penampilan dari makanan itu sendiri.

Makanan ini memang memiliki warna putih kusam atau keabu-abuan yang dianggap mirip dengan otak. Tak hanya itu, teksturnya juga sangat lembut, empuk, dan sedikit kenyal, sehingga banyak orang yang menganggapnya sangat mirip dengan otak.

Otak-otak Bulat

Kandungan Gizi di Dalamnya

Mengingat makanan ini terbuat dari ikan, maka dipastikan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Seperti yang diketahui, ikan merupakan salah satu hasil laut yang dikenal punya nutrisi tinggi, terutama soal kandungan omega-3 dan proteinnya.

Kandungan gizi otak-otak ikan adalah sebagai berikut:

  • Protein

Protein punya peran penting dalam proses metabolisme serta pembentukan massa otot dan tulang. Kandungan protein juga berfungsi memelihara, memperkuat, sekaligus memperbaiki seluruh jaringan tubuh.

  • Omega-3

Omega-3 termasuk asam lemak yang banyak ditemukan pada ikan. Manfaatnya bisa meningkatkan kecerdasan otak dan mencegah berbagai macam penyakit, misalnya stroke, tekanan darah tinggi, sakit jantung, dan juga Alzheimer.

  • Kalsium

Dalam tubuh, kalsium punya peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium dapat mencegah osteoporosis, menjaga tekanan darah, melindungi otot jantung, dan masih banyak lagi.

  • Zat besi

Zat besi berperan dalam pembentukan hemoglobin sehingga dapat mencegah terjadinya anemia. Selain itu, zat besi juga berguna untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan meningkatkan sistem imun.

  • Yodium

Yodium bertugas menjaga fungsi dari kelenjar tiroid, sehingga mineral yang satu ini sangat baik untuk mencegah penyakit gondok. Tak hanya gondok, yodium juga bagus untuk menjaga kesehatan mata sekaligus mencegah stroke dan kanker.

Otak-otak Panjang

Itulah seluk beluk mengenai makanan khas dari Tanjungpinang yang cukup menarik untuk ditelusuri. Selain kaya manfaat, rasa yang enak menjadi alasan tepat untuk menjadikan otak-otak menu di waktu senggang.

Bila Anda ingin menikmati jajanan lezat dan halal yang dibuat tanpa pengawet, tanpa penyedap rasa dan tanpa pewarna, Anda dapat memesan langsung OTAK-OTAK SALIMAH FOOD. Dijamin enak di lidah, nyaman di kantong!

Tags: ,

Silakan berkomentar di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.