Menu
Ongkir Gratis
Garansi
Terima C.O.D
+6221-1234567
Nugget Salimah
0 Comments

Ini Dia Kandungan dan Manfaat Nugget yang Belum Banyak Diketahui

Siapa sih yang tidak kenal nugget? Makanan siap saji yang satu ini jadi menu favorit banyak orang. Anak-anak menyukai rasanya yang enak dan mudah dikunyah. Sedangkan bagi para ibu, makanan ini adalah menu “penyelamat” saat tak sempat memasak.

Apa Itu Nugget?

Nugget seringkali diidentikkan dengan daging ayam. Ya, kebanyakan orang memang mengenalnya sebagai produk olahan daging ayam. Setelah digiling dan diberi aneka bumbu, daging kemudian dikukus, dilapisi telur dan tepung panir, kemudian digoreng.

Cara pengolahan seperti ini membuatnya memiliki rasa lebih gurih dibandingkan daging ayam utuh. Agar tampilannya semakin menarik, nugget dicetak dalam berbagai bentuk. Cara penyimpanannya agar lebih awet adalah dengan cara digoreng setengah matang, kemudian dibekukan.

Kandungan Nugget

Sejak Kapan Mulai Dikenal Orang?

Mungkin, Anda termasuk orang yang cukup sering mengonsumsi nugget, baik dengan membeli produk pabrikan maupun membuatnya sendiri. Apalagi, saat ini, semakin banyak varian yang menggoda selera. Tapi, sudah tahukah Anda sejarah makanan ini?

Ternyata, jajanan ini merupakan hasil karya seorang profesor, yaitu Robert C. Baker, profesor ilmu pangan di Cornell University. Baker menciptakan nugget ayam pada tahun 1950. Rasa yang lezat dan proses pembuatan yang mudah membuat makanan ini terkenal dengan cepat.

Berasal dari produk asli yang terbuat dari daging ayam, nugget kemudian semakin berkembang. Banyak kreasi baru yang menghasilkan rasa berbeda. Modifikasi dilakukan dengan menambahkan cita rasa baru atau bahkan mengganti bahan utamanya.

Nugget berbahan daging ayam diberi sentuhan rasa baru dengan menambahkan aneka bahan, seperti keju atau sayuran. Selain itu, varian rasa juga bisa dibuat dari bahan selain daging ayam, misalnya daging ikan, daging sapi, tahu dan tempe, serta berbagai macam sayuran.

Nugget Ayam Terkenal

Kandungan dan Manfaatnya

Meski banyak yang menyukainya, tak sedikit juga orang yang menganggap makanan ini tidak baik untuk kesehatan. Proses penggorengan membuat kandungan gizinya hilang dan hanya lemaklah yang lebih banyak masuk tubuh.

Selain itu, nugget pabrikan pada umumnya mengandung bahan tambahan dan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Contohnya adalah penyedap, pengawet, atau perasa. Tak heran, banyak orang yang menganggapnya bukan alternatif makanan yang baik.

Tentu saja, pendapat itu tidak sepenuhnya benar. Tidak semua produk jajanan ini minim gizi. Sehat atau tidaknya sangat tergantung pada bahan-bahan yang digunakan, proses pengolahan, dan cara mengonsumsinya.

Jika dilihat dari bahan-bahan pembuatnya, nugget memiliki kandungan gizi yang cukup baik, yaitu:

  • Nugget berbahan ayam: mengandung protein, karbohidrat, lemak, asam amino, serta beberapa jenis vitamin dan mineral.
  • Bahan ikan: mengandung protein, omega 3, zat besi, dan yodium.
  • Bahan sayuran: wortel mengandung vitamin A dan B6, serat, dan antioksidan; buncis mengandung vitamin A, B1, B2, antioksidan; bayam mengandung zat besi.
  • Bahan tahu atau tempe: kaya protein nabati, lemak baik, vitamin B kompleks, zat besi, kalsium, dan fosfor.
  • Selain dari bahan utamanya, kandungan lain juga didapat dari bahan tambahannya, yaitu telur dan tepung terigu. Telur mengandung protein, kolin, serta vitamin A, B12, dan D. Sedangkan tepung roti mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin B1.

Manfaat Nugget

Manfaat Lain dari Nugget

Dengan kandungan gizi tersebut, sudah pasti nugget memiliki beberapa manfaat bagi tubuh: meningkatkan massa otot, meningkatkan imunitas, mencegah anemia, dan memperbaiki metabolisme. Makanan ini juga sangat disukai anak-anak sehingga membantu pertumbuhannya.

Nah, jika khawatir akan kandungan yang diproduksi pabrik, Anda bisa membuatnya sendiri atau membeli produk rumahan. Pastikan bahan yang digunakan berkualitas baik dan proses pembuatannya higienis. Gunakan minyak yang sehat untuk menggorengnya.

Satu lagi yang tidak kalah penting, konsumsilah secukupnya karena semua yang berlebihan pasti tidak baik. Jangan lupa, tetap makan sumber makanan lainnya, imbangi dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Dengan begitu, Anda bisa makan lezat, tapi tetap sehat.

Berminat untuk menyediakan menu makanan ini kepada keluarga? Anda dapat memesan NUGGET SALIMAH FOOD yang berkualitas, enak dan pasti halal. Salimah Food adalah solusi praktis hidangan Anda. Yuk, pesan sekarang!

Tags: ,

Silakan berkomentar di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.