Menu
Ongkir Gratis
Garansi
Terima C.O.D
+6221-1234567
0 Comments

Asal Usul Ekado, Makanan Cina yang Dikira dari Jepang

Penggemar makanan Jepang pasti tak asing dengan ekado. Makanan lezat ini menjadi salah satu menu andalan di franchise restoran Jepang terkemuka di Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa kuliner lezat ini sejatinya tidak benar-benar berasal dari negeri sakura?

Apa Itu Ekado dan Bagaimana Asal-usulnya?

Ekado Telur Puyuh

Ekado merupakan makanan yang terdiri dari tiga bahan utama, yaitu telur puyuh, udang, dan kulit/kembang tahu. Telur puyuh utuh yang sudah direbus kemudian dilapisi dengan daging udang yang sudah dihaluskan dengan berbagai bumbu.

Keduanya lalu dibungkus dengan kembang tahu dan diikat dengan daun kucai. Setelah itu barulah digoreng dengan metode deep frying oil, sehingga bisa matang merata. Hasilnya, ekado menyajikan sensasi rasa yang renyah, gurih, dan pastinya menggugah selera.

Makanan ini memang sering disajikan di restoran Jepang di Indonesia, tetapi Ekado rupanya bukan makanan asli dari negara matahari terbit tersebut. Bahkan bila Anda mencari dalam berbagai referensi, namanya mungkin tidak akan muncul di sejarah masakan Jepang.

Benarkah Ekado Berasal dari Jepang?

Ekado dari Cina

Ekado merupakan sajian spesial yang dibuat sendiri oleh waralaba restoran Jepang di Indonesia. Tapi bila dilihat dari bentuknya, makanan ini sebenarnya mirip sekali dengan masakan Cina yang disebut dengan money bag.

Dinamakan demikian karena makanan ini memang menyerupai kantong uang, biasanya dimasak saat tahun baru Cina dan jadi simbol kekayaan serta kemakmuran. Bentuk fisik keduanya sangat mirip, tapi memiliki bahan pembuatan yang sedikit berbeda.

Bila di Jepang berisi telur puyuh, maka money bag berisi daging (babi atau udang) yang sudah diolah dengan bumbu-bumbu tertentu. Namun hampir sama dengan ekado, isian daging tersebut dibungkus dengan kulit pangsit lalu diikat dengan kucai atau irisan daun pandan.

Jadi bila dilihat dari sejarahnya, makanan ini memang lebih mirip dengan masakan dari Cina yang kemudian dimodifikasi di Indonesia. Karena faktor nama dan sering disajikan di restoran Jepang, tak heran bila ekado sering disangka sebagai makanan dari negara tersebut.

Kandungan Gizi Ekado

Ekado Telur Puyuh

Ekado terbuat dari telur puyuh dan udang, dua bahan makanan yang dikenal punya banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kandungan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan.

  • Telur puyuh dan udang merupakan sumber protein yang sangat baik. Protein punya peran besar dalam memelihara sekaligus memperbaiki jaringan tubuh, mulai dari kulit, mata, rambut, tulang, kuku, dan lain-lain.
  • Kandungan yodium yang cukup tinggi pada udang berperan dalam menjaga fungsi kelenjar tiroid, mencegah gondok, dan berbagai penyakit lainnya.
  • Ekado juga mengandung asam lemak Omega-3 yang berfungsi menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Selain itu, Omega-3 juga sangat baik untuk kesehatan otak dan mencegah terjadinya Alzheimer.
  • Daging udang mengandung kalsium yang bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium juga punya peran penting dalam mengatur fungsi saraf, hormon, maupun kinerja otot.
  • Telur puyuh di dalamnya mengandung protein ovomucoid yang berguna untuk mencegah alergi.
  • Kandungan zeaksantin dan lutein pada telur puyuh diklaim bisa meningkatkan kesehatan mata, menurunkan risiko penyakit tumor, dan mencegah kanker. Zat lutein juga dipercaya bisa membuat awet muda dan menghambat penuaan dini hingga 40%.
  • Kandungan kolin dari udang dan telur puyuh berguna untuk menjaga kesehatan otak, lebih tepatnya mengatur mood dan meningkatkan daya ingat. Kolin juga berperan dalam menjaga fungsi organ tubuh lainnya seperti jantung dan hati.

Itulah penjelasan singkat mengenai ekado. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi menyantap makanan yang satu ini, pasalnya telah terbukti memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Anda tertarik untuk mencoba kelezatan rasa ekado? Yuk, pesan langsung produk EKADO IKAN SALIMAH FOOD, jajanan halal, sehat, lezat yang dibuat tanpa pengawet, tanpa penyedap rasa dan tanpa pewarna!

Tags: , ,

Silakan berkomentar di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.