Menu
Ongkir Gratis
Garansi
Terima C.O.D
+6221-1234567
Bakso Ikan Salimah Food
0 Comments

Tak Hanya Lezat, Inilah Segudang Manfaat Mengonsumsi Bakso Ikan

Bakso ikan menjadi salah satu makanan yang difavoritkan oleh banyak orang di Indonesia. Dibandingkan dengan bakso daging sapi, bakso yang terbuat dari ikan memiliki cita rasa yang khas dan lebih gurih.

Bicara tentang bakso berbahan dasar ikan, ada banyak hal yang mungkin belum Anda ketahui. Itulah kenapa artikel ini tak hanya membahas asal-usul nama hingga kandungan gizi di dalamnya, tapi juga manfaatnya bagi kesehatan.

Bakso Ikan Lezat

Sejarah dan Asal-Usul Nama Bakso

Bakso memang sangat populer di Indonesia, tapi makanan ini sebenarnya berasal dari Cina. Konon pada abad 17 di kawasan Fuzhou, dikisahkan ada seorang anak bernama Meng Bo yang ingin menyajikan masakan daging untuk ibunya yang sudah tua.

Karena gigi sang ibu yang sudah tidak kuat lagi, Meng Bo pun putar otak bagaimana caranya agar daging yang ia masak bisa dimakan dengan mudah. Meng Bo lantas terinspirasi dari kue mochi dan memasak daging dengan cara menumbuknya sampai benar-benar halus.

Meng Bo kemudian membentuk adonan daging menjadi bulatan kecil agar lebih mudah dimakan oleh ibunya. Setelah direbus, bola-bola daging tersebut akhirnya disajikan dan dari sinilah tercipta makanan bakso yang terus populer sampai sekarang.

Nama bakso sendiri sebenarnya terdiri dari dua kata, yaitu ‘bak’ dan ‘so’ yang dalam Bahasa Hokkien diartikan sebagai olahan daging babi. Makanan ini kemudian dibawa oleh pedagang Cina yang datang ke Indonesia, sehingga bakso mulai dikenal di sini.

Namun karena mayoritas orang Indonesia tidak memakan babi, bahan baku utama bakso pun diganti dengan daging sapi. Tak hanya daging sapi, saat ini banyak juga orang yang memanfaatkan daging ikan maupun ayam untuk diolah menjadi bakso.

Manfaat Bakso Ikan

Manfaat Bakso Ikan untuk Kesehatan

Kandungan gizi bakso ikan sangat bergantung pada jenis dan jumlah dari bahan baku yang digunakan. Ikan sendiri dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Jadi, bakso yang terbuat dari ikan pun dipastikan punya banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Berikut adalah kandungan gizi bakso ikan sekaligus manfaatnya bagi kesehatan:

  • Mendukung Pertumbuhan

Bakso yang terbuat dari ikan dipastikan memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein sendiri disebut-sebut sebagai zat pembangun tubuh karena perannya yang sangat besar bagi pertumbuhan.

Protein berfungsi untuk memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh, menjaga otot agar tetap kuat, berperan dalam pembentukan antibodi, membantu metabolisme, sekaligus sebagai sumber energi yang baik.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Berdasarkan sejumlah penelitian, ikan mengandung asam lemak Omega-3 yang mampu menurunkan tekanan darah. Omega-3 juga terbukti mampu menjaga kesehatan jantung sekaligus menurunkan risiko terkena penyakit stroke.

  • Mencegah Alzheimer

Alzheimer disebabkan oleh degenerasi sel-sel otak, sehingga penderitanya mengalami penurunan daya ingat, berpikir, dan juga kemampuan berbicara. Akan tetapi, Alzheimer bisa dihindari dengan cara rutin mengonsumsi makanan yang berbahan dasar ikan.

Ikan dipercaya mampu meningkatkan kesehatan otak dan mencegah terjadinya degenerasi sel. Daging ikan juga bisa memperbaiki materi abu-abu pada otak yang berfungsi mengatur daya ingat.

  • Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bakso yang terbuat dari ikan pastinya juga akan mengandung berbagai vitamin dan mineral. Vitamin D, kalsium, dan juga kandungan fosfor yang ada pada daging ikan dapat menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat.

Bakso Ikan Tanpa Pengawet

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa bakso ikan bukanlah sekadar makanan yang enak dan mengenyangkan. Anda pun tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya, asalkan bakso dibuat dari ikan yang berkualitas dan diproses dengan cara yang benar.

Ingin menyediakan jajanan yang lezat, berkualitas dan halal untuk keluarga? Anda dapat memesan langsung BAKSO IKAN SALIMAH FOOD. Dijamin enak di lidah, nyaman di kantong!

Tags: ,

Silakan berkomentar di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.