7 Cara Mengembangkan Usaha Makanan agar Untung Berlipat

bagaimana cara mengembangkan usaha makanan

Memiliki bisnis kuliner yang berkembang pesat adalah impian setiap pengusaha. Bila Anda memiliki bisnis kuliner dan belum puas dengan hasilnya, maka pahami dulu bagaimana cara mengembangkan usaha makanan agar dapat meraup omzet yang lebih besar.

Langkah Mengembangkan Usaha

Pengembangan sebuah usaha memang sangat diperlukan untuk lebih meningkatkan pendapatan. Mulai dari survei pasar hingga bekerja sama dengan pihak lain, berikut beberapa tips mengembangkan usaha yang harus Anda terapkan.

mengembangkan usaha makanan ringan

Survei Kompetitor

Munculnya pesaing adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam dunia bisnis. Alih-alih mengeluh, cobalah untuk menganalisa dan belajar dari kompetitor di sekitar Anda. Setelah itu, ambil hal-hal positif yang bisa diterapkan dalam bisnis yang sedang Anda jalankan.

Inovasi Produk

Inovasi produk layak untuk dilakukan untuk meningkatkan keuntungan. Tapi sebelum memulainya, pastikan Anda sudah melakukan riset pasar, termasuk soal tren-tren makanan yang sedang populer di masyarakat.

Inovasi produk bisa meliputi soal rasa maupun penampilan makanan saat disajikan. Penikmat kuliner biasanya tertarik dengan sesuatu yang baru dan beda dari yang lain, jadi pastikan Anda melakukan inovasi yang menarik dan seunik mungkin.

Kerja Sama dengan Reseller

Langkah selanjutnya dalam mengembangkan usaha makanan adalah menjalin kerja sama dengan reseller. Reseller membantu memperluas jaringan pemasaran produk yang Anda jual. Semakin banyak reseller tentu lebih baik dan dijamin akan menguntungkan bisnis Anda.

Buka Cabang Baru

Mengembangkan suatu bisnis juga bisa dengan cara membuka cabang baru di tempat lain. Membuka cabang berarti menjaring lebih banyak konsumen baru di tempat yang berbeda. Langkah inipun cocok dilakukan oleh bisnis kuliner seperti warung, kafe, maupun restoran.

Cara ini sebaiknya dilakukan oleh bisnis kuliner yang sudah cukup mapan karena membuka cabang membutuhkan biaya atau modal yang tak sedikit. Oleh karena itu, untuk menambah modal, tak ada salahnya menggaet investor sehingga bisnis Anda bisa lebih berkembang.

Tingkatkan Promosi

Promosi tidak hanya digencarkan saat Anda memulai suatu usaha, tapi harus dilakukan setiap saat atau ketika ada momen-momen tertentu. Contoh, momen tahun baru, HUT Kemerdekaan Indonesia, maupun saat tiba hari lebaran.

Promosi bisa dilakukan dalam berbagai cara, mulai dari memberikan diskon, adanya inovasi produk baru, mengadakan event tertentu seperti lomba makan, hingga membuat suatu challenge dengan hadiah menarik.

Tingkatkan Pelayanan dan Kualitas SDM

cara mengembangkan usaha makanan ringan

Mengembangkan usaha makanan tidak lepas dari upaya peningkatan kualitas para karyawan atau SDM-nya. Pastikan Anda memiliki karyawan yang bertangung jawab, baik dalam hal pembuatan produk maupun pelayanan langsung kepada pelanggan.

Terapkan Sistem Franchise

Waralaba merupakan langkah bisnis yang sangat menguntungkan. Bila saat ini Anda berjualan suatu produk dalam skala kecil, coba ubah metode bisnis ke sistem waralaba. Artinya, Anda tidak hanya menjual produk tapi juga merk kepada masyarakat luas.

Contohnya Anda berjualan ayam goreng crispy dengan gerobak biasa di tepi jalan. Padahal, konsumen biasanya lebih tertarik membeli ayam goreng di tempat yang terlihat meyakinkan seolah dijalankan oleh pebisnis profesional.

Buatlah merk dagang tertentu yang terdengar unik. Kemudian buatlah gerobak/booth jualan dengan desain yang menarik dan cukup mencolok. Langkah selanjutnya, perluas jaringan waralaba dengan menggandeng mitra sebanyak-banyaknya.

Tawarkan paket kemitraan dengan fasilitas lengkap sehingga calon pengusaha lain tertarik untuk bergabung dengan franchise Anda. Dengan demikian, bisnis kuliner pun akan berkembang pesat dan produk Anda semakin dikenal luas.

pengembangan-usaha-makanan-khas-daerah

Itulah beberapa cara mengembangkan usaha yang bisa Anda coba. Jangan pernah ragu untuk mencoba hal-hal yang baru di dunia bisnis. Apabila ditekuni dengan benar, usaha yang Anda jalankan pasti bisa berkembang dengan baik.

Ingin mengembangkan usaha makanan Anda dengan produk frozen food yang praktis dan cepat saji? Bergabunglah menjadi agen SALIMAH FOOD, jajanan halal, sehat dan tanpa pengawet. Yuk, gabung sekarang!

Silakan berkomentar di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.