Menu
Terima Pendaftaran Agen dan Reseller
Support Marketing Tools Untuk Agen dan Reseller
Segera Hubungi Kami
+6287881671635
0 Comments

Inilah Contoh Usaha Rumahan Bermodal Kecil dan Menguntungkan

Usaha rumahan banyak diminati karena dapat dijalankan oleh siapa saja seperti ibu rumah tangga dan dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan. Contoh usaha rumahan yang banyak diminati antara lain bisnis pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan kuliner.

Langkah Awal Menjalankan Usaha Rumahan

 

contoh-aneka-usaha-rumahan

Bagi pebisnis rumahan pemula, tentunya langkah-langkah mengawali usaha sangat penting sebagai panduan. Secara umum, berikut langkah yang dapat Anda jalankan untuk merintis usaha dari rumah.

1. Menentukan Produk yang Akan Dipasarkan

Ketika akan membuka usaha rumahan, tentukan produk seperti apa yang akan dipasarkan. Pemilihan produk dapat didasarkan pada kemudahan memperoleh bahan baku, kebutuhan pasar, tren yang sedang digemari, dan kemampuan Anda untuk memproduksinya.

Untuk bahan baku, pastikan ketersediaan dan harganya stabil. Jika bahan baku memiliki harga fluktuatif, stabilitas bisnis Anda akan terganggu ke depannya karena harga jual yang tidak konsisten.

2. Menyiapkan Modal

Beberapa jenis usaha rumahan memerlukan bermacam-macam peralatan yang harganya tidak murah. Sebagai contoh, jika Anda membuka usaha katering, maka harus mempunyai peralatan masak, tempat menyimpan bahan makanan, dan wadah untuk menyajikan makanan.

Karena alasan tersebut, Anda wajib memperhatikan masalah modal dengan serius. Jika dana yang Anda miliki belum mencukupi untuk membeli peralatan, dapat menyewa terlebih dulu. Sebagai tambahan modal, Anda dapat mengajukan pinjaman.

3. Manfaatkan Internet untuk Promosi

Dengan memanfaatkan internet untuk promosi, peluang usaha rumahan untuk mendapatkan pelanggan tidak kalah dibandingkan toko di pusat kota. Mulailah lakukan promosi lewat media sosial. Kemudian kembangkan dengan merambah marketplace dan situs resmi untuk usaha Anda.

Namun, cara promosi ini harus diimbangi dengan kemampuan produksi yang memadai. Untuk berjaga-jaga sekiranya datang pesanan dalam jumlah banyak, Anda mampu mengerjakannya.

4. Melengkapi Lisensi dan Sertifikasi Makanan

Tidak hanya mencari produk makanan yang enak dan murah, konsumen juga sudah mulai memperhatikanlisensidari BPOM dan sertifikat halal. Meskipun hanya usaha rumahan, ada baiknya Anda memilikinya guna meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk.

cara berbisnis makanan rumahan

5. Mengembangkan Strategi Pemasaran yang Lain

Setelah Anda sukses memasarkan produk secara perorangan, cobalah lebarkan bisnis dengan menjalin kerja sama dengan pihak lain. Misalnya dengan merekrut reseller atau mitra waralaba.

Strategi ini sudah banyak diterapkan oleh pengusaha kuliner di Indonesia, terutama yang berskala besar. Dengan menerapkan strategi ini, merek produk Anda semakin dikenal luas dan mampu memberikan manfaat bagi orang lain.

Contoh Usaha Rumahan, Olahan Frozen Food

Contoh usaha rumahan yang dapat dimulai dengan modal kecil dan mampu menghasilkan keuntungan lumayan adalah olahan frozen food. Untuk mulai menjalankan bisnis ini, Anda juga memerlukan modal, keterampilan, dan pemasok bahan baku yang konsisten.

Salah satu pengusaha yang sukses dengan memproduksi frozen food adalah Ririn, pemilik UD Family Food yang beroperasi di Gresik, Jawa Timur. Seperti dikutip dari Jitunews, Ririn memulai usaha dengan modal Rp100.000,00 di tahun 2007.

Modal itu digunakan untuk membeli bahan baku, di luar pembelian mesin penggiling daging seharga Rp500.000. Dengan modal tersebut, Ririn menghasilkan 20 bungkus produk frozen food bermerek Seafood Crispy Deli. Saat ini omzetnya telah mencapai ratusan juta.

Menurutnya, salah satu resep sukses usaha frozen food yaitu menghasilkan produk yang berbeda dari kebanyakan. Inovasi rasa dan ragam produk akan membuat konsumen tertarik membeli olahan frozen food yang diproduksi.

distributor makanan beku jakarta barat

Itulah tips memulai usaha rumahan, serta salah satu contoh yang mampu menghasilkan keuntungan besar. Kunci yang tak kalah penting dari semua tips di atas tentunya adalah ketekunan dalam menjalankan usaha.

Ingin mengikuti jejak contoh usaha rumahan di atas? Anda dapat memulainya dengan bergabung sebagai agen SALIMAH FOOD, pendaftaran mudah, harga bersaing, produk bervariasi, halal, sehat dan lezat. Yuk, mulai usahamu dengan bergabung sekarang juga!

Tags: , , , , ,

Silakan berkomentar di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.