Cara Membuat Resep Siomay Ikan Bandung Bumbu Enak Mudah

Resep Siomay Ikan Bandung Enak dan Empuk Beserta Bumbu Saus Kacangnya. Tidak bisa kita ingkari bahwa hampir semua daerah di negara kita mempunyai warisan kuliner sendiri yang unik dan enak. Tetapi ada satu kota di daerah Jawa Barat, yaitu Bandung yang kaya sekali akan variasi makanan yang enak enak dan lezat. Salah satunya adalah yang akan kita buat kali ini, yaitu resep siomay ikan bandung. Ya, siapa yang tidak kenal dengan cemilan pengganjal perut satu ini. Bahkan saking populernya, jajanan ini dengan mudah bisa kita temukan di pusat perbelanjaan atau mal mal yang ada di daerah kita masing masing. Sebenarnya ada dua jenis makanan ini yang bisa kita buat, yaitu siomay ayam dan ikan. Untuk kali ini kita akan belajar membuat yang versi ikan saja. Tentu saja, untuk membuat masakan ini rasanya enak dan empuk ada beberapa tips cara membuat siomay ikan tengiri yang teman teman harus perhatikan dengan teliti. Selain menggunakan ikan tengiri, sebenarnya kita juga bisa menggunakan jenis ikan lain, seperti ikan tongkol, ikan tuna bahkan ikan lele lho. Seperti juga resep ikan lainnya, masakan kali ini juga banyak mengadung protein, mineral dan zat berguna lain yang bagus untuk kebutuhan nutrisi sehari hari.

Cara membuat siomay ikan ini bisa dibilang gampang gampang susah. Untuk yang sudah biasa tentu dengan mudah bisa mengolah ikan dan bahan bumbunya menjadi suatu cemilan yang enak dan lezat. Tetapi buat yang baru pertama kali tentu untuk membuat resep siomay bandung ini bisa menjadi momok tersendiri. Ternyata memang resep siomay ikan ini memerlukan tips khusus supaya hasilnya nanti teksturnya empuk dan kenyal. Kalau tidak, biasanya hasil jadinya nanti teksturnya liat dan agak keras sehingga kurang menarik untuk disantap bersama teman atau keluarga. Selain itu, tentu kebersihan makanan yang kita buat sendiri ini lebih terjaga dan kandungan gizinya juga lebih tinggi karena menggunakan bahan bahan pilihan.

Mungkin banyak diantara kita yang pernah membeli siomay di penjual keliling dekat rumah, tetapi masih tercium aroma yang amis ikan. Ya, hal ini memang sering terjadi kalau kita salah dalam cara membuat siomay ikan. Karena memang ikan tengiri yang digunakan merupakan bahan dasar, makanya pemilihan kualitas ikannya harus benar benar diperhatikan. Pastikan ikan yang diguankan dalam kondisi bagus dan masih segar sebelum dicampur dengan bumbu siomay yang lain. Cuci bersih ikan dan hilangkan kotoran yang menempel sebelum digiling halus dan dicampur dengan bahan lain. Selain itu, untuk mengurangi bau amis khas ikan yang timbul, kita juga mencampurnya dengan ayam segar yang sudah digiling halus untuk campuran resep siomay ikan bandung yang akan kita buat kali ini.

Selain menggunakan ikan segar kualitas bagus, ada satu tips lagi supaya siomay ikan yang kita buat nanti empuk dan kenyal. Ya, selain tepung sagu tani yang digunakan untuk bahan campurannya, kali ini kita juga menggunakan labu siam yang sudah dikukus sampai empuk. Dengan menggunakan labu siam kukus ini, resep siomay yang kita buat nanti hasilnya lebih empuk dan kenyal tapi tidak liat (keras seperti karet). Hal ini lah yang membuat resep siomay ini lebih enak dan lezat untuk disantap. Daging ikan dan ayam yang digunakan juga harus benar benar dihaluskan smpai halus supaya mudah dan tercampur sempurna dengan bahan dan bumbu resep lainnya. Selain itu, salah satu faktor pentingnya adalah bumbu sambal kacangnya harus kental dan legit. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat resep siomay ikan khas Bandung yang enak dan lezat beserta bumbu siomay apa saja yang dibutuhkan dibawah ini.

Bahan-Bahan untuk membuat resep siomay ikan khas Bandung

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah ikan tengiri segar kualitas bagus yang sudah difillet kurang lebih sebanyak 250 gram saja. Haluskan daging tengirinya sampai benar benar halus.
  2. Daging ayam segar untuk campuran utamanya kurang lebih sebanyak 50 gram saja. Daging ayam juga harus dihaluskan atau digiling sampai benar benar halus.
  3. Tepung sagu tani yang sudah diayak halus kurang lebih sebanyak 125 gram saja.
  4. Labu siam yang sudah dikukus sampai matang dan dihaluskan kurang lebih sebanyak 150 gram.
  5. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs. Kupas kulitnya lalu cincang bawang sampai benar benar halus.
  6. Daun bawang yang sudah dicuci bersih dan dirajang halus kurang lebih sebanyak 1 batang saja.
  7. Telur yang diambil bagian putihnya saja kurang lebih sebanyak 2 butir.
  8. Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  9. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.
  10. Penyedap rasa secukupnya kalau suka kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  11. Daun pisang yang sudah diolesi minyak untuk alasan siomay saat dikukus.

Cara Mudah dan Praktis Membuat Siomay Yang Enak, Empuk dan Kenyal

  1. Langkah pertama ambil satu wadah ukuran agak besar untuk tempat adonan utamanya.
  2. Masukkan ikan yang sudah dihaluskan, daging ayam yang sudah halus, garam dapur, gula pasir, penyedap rasa dan putih telur kemudian aduk aduk sampai semua bahan benar benar tercampur rata.
  3. Masukkan daun bawang dan labu siam kukusnya lalu aduk aduk lagi atau diuleni sampai semua bahan benar benar tercampur rata.
  4. Tuang tepung sagu taninya sambil diaduk aduk sampai rata (tidak perlu diuleni lagi, cukup diaduk aduk menggunakan ujung tangan atau spatula).
  5. Siapkan panci kukusan dan alasi dengan daun pisang yang sudah diolesi minyak sedikit.
  6. Ambil adonan diatas dengan sendok atau alat lain secukupnya lalu bentuk bulat dan letakkan di panci kukusan. Ulangi sampai adonan habis.
  7. Masak dan kukus adonan siomay diatas sampai benar benar matang (kurang lebih selama 20 menit – 30 menit).

Bahan bumbu saus sambal siomay Bandung

  1. Kacang tanah yang sudah digoreng atau disangrai dan dibuang kulit luarnya kurang lebih sebanyak 200 gram – 250 gram.
  2. Air asam jawa kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja (cara membuatnya campurkan 3 sendok air dengan 1 sendok asam jawa).
  3. Bawang putih kurang lebih sebanyak 4 pcs. Potong potong kemudian goreng terlebih dahulu.
  4. Gula merah yang sudah disisir halus kurang lebih sebanyak 3 sendok makan.
  5. Buah cabai merah keriting sesuai selera pedas yang diinginkan.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  7. Air bersih hangat secukupnya sesuai selera.
  8. Cara Membuatnya : Haluskan bawang putih bersama dengan buah cabai, gula merah dan beri garam secukupnya.
  9. Campurkan dengan kacang tanah yang sudah dihaluskan juga sebelumnya dan aduk aduk sampai tercampur rata.
  10. Beri air asam jawa dan air hangat secukupnya kemudian aduk aduk sampai rata.

Selesai sudah cara membuat siomay bandung diatas. Untuk bahan pelengkap, teman teman bisa menambahkan kecap manis, jeruk limau dan saus sambal pedas. Selain itu, untuk menambah citarasanya, resep siomay ikan khas Bandung ini bisa juga ditambahkan dengan tahu, kentang rebus, pare rebus, telur dan yang lainnya. Selain itu, teman teman juga bisa mengkreasikan adonan diatas untuk dibungkus dengan kulit siomay basah. Untuk ide resep cemilan khas Bandung yang lain, silahkan mencoba Resep Cireng Bumbu Rujak atau Cara Membuat Cimol Goreng Khas Bandung.

 

Sumber: http://resepcaramemasak.info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *